8 Ciri Bahwa Anda Berbakat jadi Pemimpin

8 Ciri Bahwa Anda Berbakat jadi Pemimpin

Ciri bahwa anda berbakat pemimpin

leaderMenjadi pemimpin mungkin mengasyikkan dan anda seolah melihat seseorang dengan kekuatan yang besar dan kekuasaan yang besar sedang memegang rambut anda dan siap melemparkan anda kapan saja jika dia tidak menyukai anda lagi. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya sangat berbeda antara menjadi seorang manager dan menjadi seorang leader? Artikel ini tidak membahas perbedaan keduanya. Mungkin suatu saat saya akan tulis hal itu ya, namun tidak sekarang. Saya disini lebih akan menekankan apa yang menjadi ciri bahwa anda berbakat menjadi pemimpin.

Oke, kita coba lihat satu persatu:

Anda senang berhubungan dengan orang lain

Seorang pemimpin adalah seorang yang bekerja lebih banyak melalui hati. Bagi pemimpin sejati manusia jauh lebih penting daripada aturan. Mereka akan senang berhubungan dengan orang dan menggali informasi dari orang lain. Mereka senang bertemu orang baru dan cenderung akan cepat akrab

Anda seorang pendengar yang baik

Bila anda mempunyai kualitas ini maka anda adalah seorang pemimpin yang luar biasa. Pemimpin yang hebat dikenal dari banyaknya dia mendengar dan bukan dari banyaknya dia berbicara. Anda berbakat menjadi pemimpin jika anda mau menjadi pendengar yang baik dan setelah anda mendengar dari orang lain sebanyak-banyaknya, barulah anda berbicara dan mengambil kesimpulan

Anda bukan orang yang cepat puas

Rasa tidak cepat puas adalah bakat alami seorang pemimpin. Rasa cepat puas hanya dimiliki oleh orang biasa dan manager. Seorang yang berbakat pemimpin melihat sukses adalah suatu perjalanan dan bukan suatu akhir. Maka dia akan terus membawa orang-orang yang dipimpinnya naik ke level yang lebih tinggi terus-menerus.

Anda bisa melihat masalah dan faktor yang mempengaruhinya dengan cepat

Ini adalah bakat alami yang jarang dimiliki oleh banyak orang. Namun hal ini bisa dilatih jika anda menerapkan prinsip “mengapa” . Ajukan pertanyaan tersebut terus-menerus setiap kali anda menemukan masalah dan akhirnya anda akan terlatih untuk melihat suatu masalah atau tantangan melewati banyak faktor yang terhubung satu sama lain.

Anda bisa menerima perbedaan pendapat tanpa menjadi tersinggung

Jika anda naik semakin tinggi baik secara posisi maupun kekuasaan, anda akan mendapati bahwa tidak semua orang selalu setuju dengan pendapat anda. Disinilah anda diuji. Semakin besar kekuasaan anda, maka kecenderungannya akan menjadi diktator absolut. Jadi jika anda semakin tinggi posisi namun mau mendengar pendapat yang berbeda dengan anda tanpa merasa tersinggung bahkan jika pendapat mereka jauh lebih baik, anda punya bakat menjadi pemimpin hebat

Anda mempunyai tujuan hidup yang jelas dan prinsip yang kuat

Seorang pemimpin adalah seorang yang memberi pengaruh menurut John Maxwell seorang guru leadership international. Namun anda tidak akan bisa membawa orang lain bergerak jika anda sendiri tidak punya tujuan yang hendak dicapai. Orang akan secara alamiah mengikuti pemimpin yang tahu kemana dia akan pergi. Memiliki visi adalah hal yang mutlak untuk seorang pemimpin. Minimal visi untuk diri anda sendiri, dan semakin bertambahnya waktu anda akan melihat orang yang sevisi dengan anda dan orang yang bersedia mengikuti anda untuk mewujudkan visi itu menjadi kenyataan.

Anda tidak takut melewati masa “kesendirian”

Seorang pemimpin mungkin akan ada masa-masa “sendiri”. Bahkan saya pikir semua pemimpin hebat akan melewati masa-masa ini. Mengapa, karena mungkin anda akan salah dimengerti karena visi anda, anda akan dijauhi karena anda seolah membawa tim anda ke lembah kekelaman atau sesuatu yang seolah menakutkan untuk di lewati.

Anda bisa melihat potensi orang lain tanpa merasa tersaingi

Ini adalah hal yang sangat sulit karena biasanya pemimpin akan merasa tersaingi jika ada bawahan yang lebih hebat atau lebih menonjol  dari dirinya. Namun jika anda bisa melihat potensi anak buah anda dan mengembangkannya meskipun mungkin resikonya mereka seoalh lebih menonjol, maka anda adalah pemimpin yang hebat. Ingat, bahwa anda tidak akan kehilangan kekuasaan dengan membaginya.

Nah itulah 8 ciri bahwa anda berbakat pemimpin. Bagaimana jika belum ada, belajarlah. Pemimpin itu dibentuk bukan di ciptakan.

 

Comments

comments

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *