8 Side Jobs Keren Buat Mahasiswa

8 Side Jobs Keren Buat Mahasiswa

Saat saya masih jadi mahasiswa, keadaannya susah banget dan selalu pas-pasan. Mungkin karena orang tua saya banyak anak, jadi kiriman selalu ngepas hanya cukup buat makan. Jadi otak ini harus kreatif mikir bagaimana bisa bertahan hidup sampai akhir bulan selain berkunjung ke rumah saudara numpang makan. Nah dari hal itulah saya coba nulis apa saja side jobs yang pas buat mahasiswa.

Kerjaan sampingan untuk mahasiswa

Sebenarnya ada banyak kerjaan sampingan untuk mahasiswa. Terus terang dibanding jaman dulu, jaman sekarang jauh lebih banyak. Nah saya coba urai satu persatu siapa tahu ada yang terpikir buat teman-teman semua.

  • Jaga warnet

Nah kerjaan sampingan jaga warnet ini sudah ada sejak jaman warnet seperti jamur di musim hujan. Sampai sekarangpun warnet masih ada yang eksis meskipun bukan lagi untuk browsing tapi untuk men game online. Coba aja pedekate dengan yang punya warnet, jadi bisa jaga warnet sekaligus internetan gratis.

  • Les privat

Ini adalah pekerjaan sepanjang masa. Yah tahu sendirilah, ini semacam simbiosis mutualisme. Yang mahasiswa bisa dapat uang tambahan sambil ngecengin anak privatenya, yang anak sma nya dapat tambahan ilmu sambil ngecengin pengajarnya. ( dengan catatan keduanya lawan jenis dan cakep)

  • Asisten dosen

Nah ini buat mahasiswa yang otaknya lumayan encer. Sebenarnya ngga harus encer juga. Tapi asal dekat dengan dosen, bisa bantu-bantu jaga lab atau memeriksa hasil ujian adik tingkat. Asal tahu saja, jadi asisten dosen itu bermartabat dan keren banget.

  • Bikin artikel

side job untuk mahasiswaKerjaan sampingan ini hanya ada dijaman google. Sekarang banyak orang yang membuat blog dan mereka butuh konten unik dan orisinil. Harganya? Kalau blog bahasa indonesia sekitar 7000 rupiah untuk 300 kata. Satu artikel sekitar 30 menit. Jika kamu bisa buat 5 artikel sehari, minimal bisa buat makan satu hari. Not bad!

  • Bantuin nulis skripsi

Untuk yang satu ini harus banyak relasi dengan senior tingkat akhir. Mungkin ngga musti nulis skripsi, tapi yang lebih tepat adalah bantuin ngetikin skripsi mereka. Bayarannya? Tergantung nego!

  • Dropship

Ini juga hanya ada dijaman google. Saya nggak mau nulis terlalu panjang untuk penjelasan apa itu dropship. Silahkan lihat di artikel ini atau cek di www.google.com

  • Bikin website

Buat kalian yang kuliah di IT atau komputer pasti belajar koding. Nah bisa bikin website yang keren terus dijual deh. Atau bikin games atau software yang kemudian dijual. Meskipun rada ribet tapi kalau berhasil duitnya gede banget

  • Nebeng proyek teman

Kerjaan sampingan yang satu ini murni karena pertemanan. Kalau kalian tahu ada teman yang lagi punya proyek, tawarkan bantuan. Entah ngetik, entah bawain alat-alat, entah jadi asisten atau apa saja yang bisa dikerjakan asal menghasilkan uang, kenapa tidak?

Itulah 8 jenis pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang layak dicoba. Pasti ada yang lainnya yang belum tercatat. Jadi intinya, lihat sekitar dan cari tahu apa yang bisa dikerjakan.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *