Apakah Sosial Media Marketing Masih Efektif ?

Apakah Sosial Media Marketing Masih Efektif ?

Apakah Social Media masih efektif 2014 ?

sosial media 2014Pertanyaan yang penting ditahun ini. Apakah sosial media seperti facebook, twitter, path, pinterest dan lain sebagainya masih efektif dan masih popular atau bahkan mereka mulai menurun dari sisi penetrasinya?  Jawaban dar pertanyaan itu bisa dijawab secara ngasal dengan bertanya ke teman-teman kita.

 

 

Apakah tiap hari kamu buka facebook?

Apakah tiap hari kamu nge tweet?

Tapi instead of ngebahas hal itu lebih baik kita lihat beberapa data berikut ini. Data yang saya ambil mungkin tidak sebanyak yang teman-teman punya, namun marilah kita mulai berpikir bersama.

-          Menurut survey yang dilansir oleh komfo.com, mereka mengaku telah mensurvey 5000 pages di facebook dan didapati bahwa fan penetration decreased 42% sejak agustus sampai di akhir tahun 2013. Meskipun demikian untuk viral amplification naik sekitar 31% dari Agustus- November

Apa itu viral amplification?

Viral amplification is the dream of every community manager! If your content is viral, it means it spreads faster and to a larger audience than possible through organic spread. So how do you create viral content? Source : http://komfo.com/resource/how-to-activate-and-measure-viral-posts/

-          Facebook sendiri mengklaim bahwa mereka telah mencapai 100 juta aktif users di India per bulan. Bayangkan bahwa tiap bulan ada 100 juta pengguna aktif facebook di India setiap bulannya. Saya sendiri tidak tahu definisi aktif itu seperti apa. Apakah minimal 1 bulan sekali login ke facebook atau minimal 5 kali dalam satu bulan baru bisa dibilang aktif. Uniknya adalah bahwa 84% dari 100 juta itu mengakses facebook lewat mobile

-          Indonesia sendiri ( masih ) tercatat sebagai negara dengan pengguna facebook terbanyak no 4 diseluruh dunia. Namun tidak ada data yang pasti berapa active users nya. Jakarta juga tercatat sebagai kota “tercerewet” sedunia mengalahkan paris dan new york.

Jadi apakah social media masih efektif? Hei jangan lupakan juga bahwa Indonesian people culutre sangat berbeda dengan orang di luar negeri. Orang indonesia sangat reaktif dan suka dengan hal yang baru, namun mereka juga cepat bosan. Jika ada platform baru, maka orang indonesia akan senang untuk menggunakannya tapi akan cepat bosan juga.

Jadi bagaimana cara untuk mensiasati agar social media tetap efektif?

Jika anda company yang bergerak dalam bidang sosial media dan online pasti ingin agar engagement anda tetap tinggi, viral amplificationnya tinggi dan akhirnya menghasilkan sales dan revenue yang tinggi. Ini adalah tips agar sosial media marketing tetap efektif.

Fokus di Reach and Exposured

Setting goal anda berapa banyak reach yang anda inginkan dari brand atau produk anda. Selanjutnya adalah tentukan exposured atau platforms apa yang akan digunakan agar brand dari produk anda ditemukan di semua sosial media. Misalnya coca cola. Reachnya 1 juta new consumer dalam satu bulan, maka exposured nya adalah produk harus di distribusikan baik lewat warung kecil sampai hotel berbintang.

Gunakan mobile platform

Mobile platform sangat efektif karena pertumbuhan smart phone sendiri sangat luar biasa sekarang ini. seperti kasus di India, bahwa dari 100 juta active users penggunaan melalui mobile mencapai 84%. Gunakan aplikasi atau responsive design agar konsumen atau fans dari brand anda bisa mengakses melalui media manapun.

Untuk sementara itu dulu tentang apakah sosial media marketing masih efektif atau tidak. Nanti akan saya lanjutkan dengan tools gratis tapi ampuh untuk analisis sosial media.

 

 

Comments

comments

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *