Cara Membuat Website Baru Terindeks Dengan Cepat

Cara Membuat Website Baru Terindeks Dengan Cepat

Saat kita membuat website, tentunya kita ingin website tersebut segera di index oleh Google. Artinya Google membaca dan menaruh website kita dan artikel-artikel atau apapun di dalamnya dalam bentuk URL dan saat kita menuliskan atau mencari URL website kita, itu ditemukan.

Namun bagaimana caranya agar website atau artikel kita segera diindeks dengan cepat oleh Google?

Apakah hanya Google saja, bagaimana dengan Yahoo atau Bing?

Saya pikir proses pengindeksan di Yahoo ataupun Bing masih sangat diperlukan, namun Google adalah mesin pencari terbesar di planet ini dan algoritma mereka juga jauh lebih baik daripada Bing atau Yahoo.

Mesin yang bertugas melakukan indeks adalah spider alias laba-laba. Sistemnya mirip dengan laba-laba bikin jaring. Mulai dari yang ada dan selanjutnya mereka membuat link demi link yang berkaitan satu sama lain. Jika spider Google tidak menemukan hal yang baru dalam website anda, maka mereka akan berhenti.

Itu sebabnya penting bagi anda jika membuat website, gunakan link yang saling berkaitan antara artikel satu sama lain.

1. Daftarkan URL baru anda

Jika anda membuat website baru atau menulis artikel baru, anda perlu segera meregister atau add url ke webmaster tool Google.

https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url

jangan lupa, untuk masuk menggunakan akun google anda.

Biasanya artikel yang disubmit disana, kurang dari 1 jam sudah terindeks oleh Google.

Namun, anda harus memperhatikan hal ini, jika tidak maka anda bisa malah kena penalti dan di tendang dari Google.

Dahulu sangat mudah untuk di indeks oleh Google, dengan cara keyword stuffing artinya menambahkan sebanyak-banyaknya keyword, namun sekarang jaman itu sudah lewat. Google sudah  lebih pintar dan memperbaiki algoritmanya.

Jika anda melakukan hal tersebut, maka kemungkinan blog anda akan di tendang dari Google. Bukan berarti keyword sudah tidak penting, namun Google lebih memperhatikan bagaimana konten tersebut berguna bagi orang yang membacanya dan stay lebih lama disana.

Satu hal yang anda harus ingat bahwa Google tidak mengijinkan duplicate contents di dalam website anda. Jika anda melakukan copy paste konten dari artikel lain maka cepat atau lambat blog anda akan di tendang jauh dari halaman Google, bahkan akhirnya blog anda akan deindex.

Cara cek website anda :

SITEurl

 

Jika saat anda menulis di google, dan hasilnya seperti ini kemungkinan blog anda tidak di indeks oleh Google atau bahkan di deindeks.

siteurlerror

 

2. Gunakan Sosial Media

Meskipun sosial media bukanlah penentu utama rangking dalam algoritma Google, namun sosial media signal adalah hal yang sangat diperhitungkan. Selain anda menggunakan cara di atas, gunakan media sosial.

Sesudah anda menulis sebuah artikel atau ada konten baru dalam website anda, share di sosial media baik itu di Facebook, twitter atau Google+. Jika orang menyukai artikel anda, secara natural mereka akan me share artikel anda dan itu dianggap sosial signal dari Google.

Semakin banyak konten anda yang di share oleh orang lain, maka Google akan menganggap bahwa konten anda bermanfaat dan membuat indeks artikel cepat serta menaikkan rangking website anda.

sosial share

 

3.  Daftarkan Sitemap

Apakah mendaftarkan sitemap akan menaikkan rangking website anda? Mungkin tidak. Namun akan mempercepat Google untuk mengindeks website anda. Sitemap biasanya  dalam bentuk XML. Jika website anda menggunakan engine wordpress, anda bisa menambahkan plugin sitemap misalnya Google Sitemap XML plugin  dan langsung bisa mendaftarkan di Google.

Bagaimana caranya? Anda harus register di Google webmaster tools terlebih dahulu, dan menambahkan URL anda disana.

add property

 

 

selanjutnya add property alias website anda.

add prop2

 

Add sitemap disana.

add prop3

 

Nah dengan demikian website anda akan lebih cepat terindeks dibandingkan tanpa menggunakan sitemap.

 

Itulah berdasar pengalaman saya cara mempercepat indek google untuk website. Apakah anda punya pengalaman lain? Share di komen di bawah ya..

Comments

comments

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *