Faktor Penentu Keberhasilan SEO

Faktor Penentu Keberhasilan SEO

Faktor-faktor Penentu Dalam SEO

Faktor penentu SEO.Saya mencoba merangkum apa saja yang merupakan faktor penentu dalam SEO atau Search engine optimization. Seperti yang telah saya jelaskan dalam pengertian apa itu SEO, maka SEO itu sendiri adalah cara atau metoda untuk menaikkan rangking suatu website di halaman search engine terutama google. Jadi intinya bagaimana membuat web anda menjadi nomor 1 atau di halaman satu google.

Tidak ada yang tahu persis metodanya. Ini adalah rahasia besar raksasa yang bernama google. Mereka membuat algoritma super jenius yang bisa merangking website yang sesuai dengan kriteria mereka. Jadi bukannya kita yang menentukan bagaimana web kita di rangking melainkan google dengan algoritma jeniusnya.

Kabar buruknya adalah, ya benar kabar buruknya adalah google gemar sekali mengganti algoritmanya, sesuai dengan piaraan barunya. Ada panda, penguin dan yang terbaru adalah hummingbird. Algoritma macam apakah panda, penguin dan hummingbird, mungkin lain kali akan saya bahas di artikel berikutnya. So stay tune yaa…

Walaupun demikian faktor-faktor yang jadi penentu keberhasilan SEO masih tetap meskipun timbangannya yang berbeda. Dulu yang namanya backlink menjadi hal yang utama. Asal dibanjiri dengan backlink maka suatu web akan naik rangkingnya dengan cepat.

Daripada makin pusing, saya mau langsung saja kasih tau deh apa saja faktor penentu keberhasilan SEO :

Konten

Ini adalah hal yang paling utama dan paling penting. Namun bukan lagi konten yang abal-abal dan asal jadi tapi konten yang berkualitas. Seperti apakah konten yang berkualitas? Konten yang berkualitas itu adalah yang asli buatan sendiri, bukan copas atau rewrite atau pakai software spinner. Konten yang berkualitas artinya yang memberikan value atau nilai tambah bagi para pembacanya. Berikan konten yang bermanfaat bagi pembaca anda dan usahakan untuk menulis rutin setiap harinya.

Backlink

Backlink masih diperlukan meskipun tidak harus banyak seperti dulu. Backlink harus natural dan berasal dari web authority. Gunakan anchor dan link diversifikasi agar tidak terdeksi foot print nya oleh google. Contohnya jika anda membuat backlink dari ip address yang sama , maka akan mudah terdeteksi footprint anda oleh raksasa google dan akibatnya backlink anda menjadi tidak berguna.

Website atau theme

Apapun theme atau web yang anda gunakan baik itu CMS ataupun pemrograman web sendiri pastikan bahwa web anda fast loading dan mendapatkan grade A+ atau B+. Jangan lupa gunakan juga  H1,H2,H3,H4 dalam artikel anda

SEO Onpage

Jika SEO offpage adalah backlink maka SEO onpage adalah bagaimana pengaturan artikel yang saling berkaitan satu sama lain. Apa saja yang termasuk dalam SEO onpage, jawabannya adalah link antar artikel, pengaturan H1,H2,H3, penggunaan bold, italic dan underline, external link ke authority site.

Jadi  sebenarnya esensi nya tidak berubah, namun yang berubah adalah bagaimana kita membangun konten yang berkualitas, bagaimana kita membuat backlink yang benar, bagaimana kita menghasilkan website yang fast loading dan SEO onpage yang benar.

Tetap stay tune,saya akan tulis dan bahas satu demi satu faktor penentu SEO ini di artikel berikutnya.

 

About The Author

Related posts

1 Comment

  1. Pingback: Cara Membangun Onpage SEO yang Benar | Bagus Prabangkara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *