Pengertian SEO Apa itu SEO

Pengertian SEO Apa itu SEO

Pengertian SEO atau Search Engine Optimization

Sering dengar istilah SEO? Tapi tidak banyak orang mengerti apa itu SEO. Sekarang saya coba membahas pengertian SEO apa itu SEO. SEO adalah Search Engine Optimization. SEO adalah suatu metode untuk menaikkan rangking dari suatu website di mesin pencari dalam hal ini terutama Google.com

Mengapa SEO Penting

Coba bayangkan jika anda mencari suatu artikel atau kata misalnya “hotel di Bandung”. Maka kira-kira jika anda tulis itu di google dan muncul deretan artikel di hasil pencarian, apakah anda akan mencari atau mengklik url atau website yang ada di halaman pertama atau halaman 20 ? tentu saja anda akan mengklik website yang ada dihalaman pertama bukan? Namun persoalannya adalah bahwa mungkin ada ratusan ribu website yang membahas tentang “hotel di Bandung”.

seo

Perhatikan gambar diatas. Hasil dari pencarian kata atau term “hotel di bandung” mencapai 28 juta lebih! Bagaimana anda bisa bersaing untuk mencapai halaman satu yang dampaknya adalah akan banyak orang yang akan mengklik website anda dan mendatangkan banyak trafik.

Tanpa trafik artinya tanpa visitor, dan jika website tidak ada visitor maka tidak akan ada sales atau nothing.

Bagaimana metoda SEO yang ampuh

Agak susah saya menjawabnya. Tidak mudah untuk membangun atau menetapkan suatu metode yang dibilang “paling ampuh”. Ada banyak faktor yang menentukan suatu metode SEO berhasil atau tidaknya. Ada yang mengklaim menggunakan metode A bisa berhasil, tapi yang lain mencoba tidak berhasil. Tapi mungkin yang lain bisa berhasil dengan metode yang berbeda. Jadi bisa dibilang tidak ada metode yang paling paten. Namun ada kisi-kisi untuk membuat sedikitnya suatu metode bisa dibuat dan dipertimbangkan.

Faktor yang menentukan metode SEO yang paling utama adalah Persaingan Keyword.  Keyword yang susah atau terlalu global akan lebih susah persaingannya. Misalkan keyword “ hotel di bandung” maka kompetisinya adalah 28 juta. Namun jika anda mencari keyword “ hotel melati di bandung” maka tingkat persaingan akan jauh lebih mudah. Oleh karena itu lebih baik anda membuat website dengan keyword yang lebih spesifik atau istilahnya long tail keyword.

Ada beberapa faktor lain yang berpengaruh namun nanti di artikel selanjutnya saya akan tulis misalnya backlink building, fast load website, konten, on-page SEO dan off-page SEO. Tunggu ya di artikel selanjutnya tetap di www.bagusprabangkara.com

 

 

Comments

comments

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *