Rahasia Keren Cara Memimpin Atasan

Rahasia Keren Cara Memimpin Atasan

Wah apalagi nih, emang bisa memimpin atasan? Bukannya seharusnya atasan yang memimpin kita, ini malah kita yang memimpin atasan. Sebenarnya seperti apakah yang dimaksud dengan cara memimpin atasan, apakah sama dengan cara memimpin anak buah? Oke saya akan coba bahas tentang hal ini sekarang.

cara memimpin atasanDalam kepemimpinan atau leadership ada 3 macam cara memimpin. Yang pertama adalah memimpin bawahan atau anak buah kita disebut juga leading down, yang kedua adalah memimpin atasan atau leading up, dan yang terakhir adalah memimpin diri sendiri atau disebut sebagai leading self. Dari 3 kepemimpinan ini, manakah yang paling sulit? Jawabannya adalah yang ketiga alias leading self. Namun di artikel ini saya tidak akan bahas tentang leading self dan leading down. Saya akan bahas tentang leading up atau cara memimpin atasan.

Kepemimpinan atau leadership adalah pengaruh

John Maxwell bilang bahwa kepemimpinan adalah pengaruh. Tidak kurang tidak lebih. Artinya adalah bahwa kepemimpinan jauh diatas yang namanya jabatan, struktural, atau posisi. Kepemimpinan adalah bagaimana kita mempengaruhi satu atau banyak orang untuk melakukan suatu hal tertentu. Jadi bagaimana cara kita memimpin atasan? Adalah dengan pengaruh.  Bukan berbicara secara jabatan atau posisi melainkan dengan cara mempengaruhi.

Memimpin atasan

Apa yang dipengaruhi atau apa yang bisa kita lakukan dalam kaitannya dengan mempengaruhi atasan? Jawabannya adalah dalam pengambilan keputusan dan kebijakan. Kita bisa mempengaruhi atasan kita dalam pengambilan keputusan dan kebijakan melalui apa yang kita sampaikan. Melalui analisis kita, melalui data research kita, melalui sikap dan etos kerja kita,melalui cara kita berbicara, dan melalui pendapat-pendapat yang kita sampaikan ke atasan kita. Atasan yang bijak akan mendengar dan mendapat insight atau hal yang baru yang mungkin belum pernah di dengar dari anda dan bahkan akhirnya mengambil keputusan berdasarkan apa yang anda sampaikan. Namun apakah semua pendapat kita akan diterima, tentu tidak. Pertanyaan selanjutnya, Bagaimana agar atasan mau mendengar saran kita dan mempertimbangkannya?

Cara mempengaruhi atasan

Atasan anda tentu tidak serta merta menerima setiap pendapat dari anak buahnya dan mengambil hal tersebut menjadi keputusan. Namun bagaimana caranya agar atasan bisa percaya dan mempertimbangkan pendapat kita?

-          Jadilah orang yang bisa dipercayai

Atasan anda membutuhkan orang yang bisa dipercayai. Dia akan mencari orang yang baik dalam pekerjaannya dan setiap apa yang dimintanya anda kerjakan dengan baik. Kepercayaan juga bisa berjalan seiring dengan waktu, makin lama anda bekerja bersamanya, maka kepercayaan yang dia punya tentang anda makin lama akan semakin kuat.

-          Jadilah excellent dalam pekerjaan anda

Salah satu cara untuk mendapat kepercayaan atasan adalah menjadi karyawan yang super, yang selalu luar biasa dan excellent dalam pekerjaannya. Jika anda mengerjakan pekerjaan anda dengan biasa saja, maka hal tersebut tidaklah mengesankan buat atasan anda. Misalnya ada diminya mengerjakan laporan dalam 1 minggu, kerjakanlah itu dan selesaikanlah dalam 4 hari. Hal tersebut akan menambah kredit anda dimata bos anda.

 

Nah jika anda melakukan hal tersebut dengan baik, anda akan mendapatkan kepercayaan dari atasan anda dan kredit anda dimatanya akan meningkat. Akibatnya adalah, pendapat anda akan didengar olehnya dan anda bisa mempengaruhi atasan anda. Pelajari juga bagaimana berkomunikasi dengan atasan yang sulit

Comments

comments

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *