6 Cara Cari Uang Selama di Rumah Saja 2020

0
256

Udah berapa lama kalian WFH? Kalau aku sudah hampir 4 minggu. Awal-awal harus WFH karena pergi ke Bandung pas kakakku meninggal gara-gara covid. Kalian bisa baca kisahnya disini. Karena Bandung udah red zone jadi aku dilarang ngantor selama 14 hari. Baru masuk 1 mingguan, karena aku tinggal di kabupaten bekasi, kena PSBB, jadi musti kerja dari rumah lagi.

Okay, jadi gimana kita bisa menghasilkan uang selama di rumah? Yang aku tahu sih sampai saat ini ada 6 cara dan aku udah pernah ngelakuin itu dulu sebelum ada corona. Tapi pada prinsipnya sama. 6 cara cari uang selama di rumah ini bisa kamu lakukan sebagai bisnis sampingan atau kalau hasilnya udah gede, bisa jadi penghasilan tetap dan ngalahin gaji kantoran.

Yuk kita mulai.

  1. BIKIN BLOG

  • Apa itu blog.

Apa sih bedanya blog sama website? Menurutku sih yang namanya blog itu lebih dinamis dan personal, sementara website lebih terkesan korporasi. Mau pilih yang mana?

  • Cara membuat blog

Untuk bisa membuat blog yang baik, dimonetisasi dan long term, sebaiknya jangan pakai yang gratisan macam blogspot atau wix. Lebih baik pakai domain dan hosting. Apa yang disebut dengan domain? Domain adalah nama dari blog atau website, sedangkan hosting adalah servernya. Jadi istilahnya domain adalah rumahnya dan hosting adalah tanahnya. Jika hostingmu besar, bisa diisi sekaligus oleh beberapa domain.

Dimana bisa beli domain? Kalau saya sih biasanya untuk web Indonesia di idwebhost atau di namesilo.com untuk yang extension .com karena namesilo paling murah diantara yang lain.

Untuk hosting aku paling suka di Hawkhost.com karena murah dan jika ada masalah mereka cepat beresinnya.

Kalau sudah beli domain dan hosting, selanjutnya gimana? Cek email karena nanti kalian akan dapat informasi tentang cpanel dan kalian harus lakukan koneksi antara domain dan hosting.

Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Tambahkan domain di dalam cpanel. Ulasan lengkapnya bisa lihat di link berikut ini.
  2. Ganti nameserver yang ada di domain dengan nameserver hosting yang kamu beli. Biasanya di email konfirmasi dari hosting ada name servernya. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di ulasan ini.
  3. Masuk ke cpanel, cari yang namanya softaculous installer dan klik. Trus pilih wordpress. Mengapa harus wordpress, silahkan googling. Yang jelas wordpress digunakan oleh 30% publisher seluruh dunia. Ikuti langkah-langkahnya untuk menginstal
  4. Jangan lupa pilih theme yang kamu sukai.

 

Selanjutnya yang terpenting adalah mengisi blogmu dengan konten. Ngisi konten adalah hal yang harus kamu kerjakan meskipun rasanya membosankan. Cara mensiasatinya adalah kamu lebih baik menulis sesuatu yang kamu sukai, jadi gak terlalu bosen.

Nulis yang kamu sukai aja bisa bosen, apalagi sesuatu yang nggak kamu sukai. Kalau kamu suka masak, tulislah tentang resep dan cara memasak. Kalau kamu seorang yang menyukai hal yang berbau marketing, tulis aja sesuatu tentang dunia marketing.

Rajinlah menulis dan share hasil tulisanmu di social media. Lama-lama akan banyak visitor yang berkunjung dan membaca isi blogmu.

Okay, lanjut ke hal yang pasti kamu suka. Gimana cara dapat duit dari blogmu..

  • Bagaimana cara monetisasi
  1. Google adsense

Cara klasik tapi tetap oke sampai sekarang menurutku. Meskipun untuk blog indo nilai kliknya atau CPC nya kecil, namun kalau pengunjung webmu banyak kan lumayan juga hasilnya. Btw nilai cpc juga tergantung kepada niche atau topic yang kamu pilih buat blogmu. Topic yang masih lumayan besar nilai kliknya adalah property dan teknologi.

  • Cara mendaftar google adsense

Ternyata panjang ya, ini baru depannya doang. Jadi bagaimana cara mendaftar google adsense? Langsung masuk sini. www.google.com/adsense atau www.adsense.com terus ikutin step-stepnya. Nah nanti kamu disuruh masukin kode dari adsense itu ke blog kamu. Kalau pakai wordpress masuknya ke bagian header. Nanti google akan kirim kode verifikasi adsense ke alamat rumah kamu dan adsense kamu bisa langsung aktif.

  • Bagaimana agar disetujui google

Apakah semua blog bakal disetujui Google? Tentu saja tidak. Ada beberapa tipe blog atau website yang susah untuk di approve google. Website yang rada susah untuk di setujui biasanya adalah website yang baru dibikin, miskin konten dan nggak user friendly.

Jadi gini, google itu mau supaya orang-orang yang cari konten melalui google mereka benar-benar terbantu, bukan konten yang gak jelas, dibuat asal-asalan dan bahkan Cuma link bait doang. Makanya Google mentingin banget tuh kualitas konten. Buatlah konten untuk pembaca, bukan untuk search engine.

  • Bagaimana cara pembayaran google adsense

Sekarang pembayaran yang paling mudah adalah western union atau bank transfer. Jadi kamu bisa pilih salah satu yang kamu suka dan cocok. Biasanya WU ada dimana-mana seperti kantor pos dan indomart, jadi menjangkau desa-desa.

Okay, kita akan lanjut ke cara no 2, yaitu affiliasi. Nggak perlu jualan sendiri, ngga perlu punya barang, tinggal promosi aja dan dapat komisi. Banyak yang berhasil sampai ribuan dolar per bulannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here