Konsep Dasar Dari Membangun Usaha

0
169

Banyak orang pengen punya usaha, ya iya pasti sih. Bahkan seandainya kamu saat ini kerja di satu perusahaan maka itu juga adalah usaha orang lain yang kamu jalankan.. ya kira-kira begitu, jadi agak belibet ngomongnya.

Tapi yang pengen aku share di sini adalah konsep dasar dalam membangun bisnis apapun.

Hal yang pertama adalah kamu cari apa yang menjadi masalah orang atau kebutuhan orang dan kamu selesaikan problem itu. Ini adalah hal dasar dari bisnis. Cari problem orang lain, selesaikan. Liat kebutuhan sekitar, gak ada.. kamu penuhin.

Contoh, misalnya kamu tinggal di satu kompleks perumahan dimana orang kalau belanja musti jalan jauh atau naik becak atau ojol kalau mau ke pasar. Nah kenapa kamu gak bawa pasar ke kompleks kamu? Maksudnya beli sayur2an dan bahan makanan lantas kamu jual di tempatmu. Kasih selisih harga dikit, orang pasti ngerti kok.

Atau contoh lain misalnya di sekitar tempatmu banyak kantor tapi jarang orang yang jual makanan. Nah kenapa gak coba tawarkan catering delivery atau kamu bisa bikin brosur isinya foto makanan yang kamu buat dan orang-orang itu bisa beli, pas jam makan siang kamu anterin.

Jadi coba kamu lihat, apa yang menjadi problem atau kebutuhan dari masyarakat dan berikan solusi.

Dulu kita kalau mau pergi keluar kota harus ke terminal atau airport dulu beli tiketnya, nah terus muncul tuh agen perjalanan. Tapi sekarang ini orang juga males kalau harus pergi ke agen perjalanan, soalnya harganya gak jelas, terus banyak calo dan copet juga disana. Salah-salah kalau nggak waspada, malah dompet kita yang kecopetan disana. Makanya akhirnya orang bikin tiket online. Lihat list harga dari handphone, pilih kendaraan yang terbaik, lihat reviewnya dan langsung beli tiketnya. Kita datang udah jelas kendaraannya apa dan tinggal cari tempat duduk.

So, sekarang coba cari apa yang menjadi problem yang kamu lihat di masyarakat. Bisa dari level sekitar, kota bahkan sampai level dunia. Facebook lahir karena terdorong untuk kebutuhan orang saling terkoneksi satu sama lain. Whatsapp gitu juga, dan masih banyak lagi aplikasi yang dipakai seluruh dunia juga karena lihat kebutuhan dan coba cari solusinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here